bisnis paling gratis

Cari

Kamis, 21 Januari 2010

Tauladan

Umar bin Abdul Aziz Sosok Pemimpin Teladan. “Serulah (manusia ) kepada jalan tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yg baik dan bantah lah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya tuhanmu dialah yg lebih mengetahui tentang siapa yg tersesat dari jalan-nya dan dia yg lebih mengetahui orang-orang yg mendapat petunjuk”.(QS. An-nahl :125).


Rasulullah SAW . pada suatu riwayat yakni hijrah ke thaif 85 orang laki-laki15 orang wanita mengalihkan medan dakwah .Sesampainya di thaif rasul SAW.Disambut dgn di lempari batu hingga rasul SAW menglami patah gigi dan berdarah-darah . Rasulullah SAW  beristirahat di bawah pohon korma. Datang malaikat Jibril meminta terhadap Rasul SAW.ya rasul kejamnya penddk thaifini . Rasul SAW menjawab. Jibril jangan dirusakan negeri thaif berikut pddknya . Dia melakukan kekejaman karena mereka belum tau dan mengerti misi yg saya sampaikan yakni pelajaran baik .Islam mengucapkan dua kalimat syahadat yg berfungsi disebut awal beragama megenal allah SWT . dan rasul .

Sekejam apapun bentuknya yg dihadapi Rasulullah SAW beliau tidak patah arang tetapi dgn sikap musyawarah dan pelajaran yg baik misi islam lama-lama diterima oleh pddk thaif tersebut . Artinya keberhasilan Rasulullah SAW dilatar belakangi dgn akhlak mulia bukan dgn cara paksa- paksaan . RasulullahSAW . rahmat seluruh alam bertindak selaku pemimpin tertinggi imam dalam semua urusan juga tempat kembali dalam hukum dan kehidupan sehari-hari, dunia akhirat agar dunia selamat di akhirat dgn keredaan Allah SWT. Diperbuat Rasulullah SAW itu kemudian diteruskan oleh para khalifah setelah rasulullah meninggal .

Proses pergantian kepemimpinan selanjutnya berjalan mengacu terhadap prinsip yg sama meskipun dgn pola berbeda seperti yg diterapkan oleh khalifah Umar bin Abdul Aziz menjalankan pemerintahan  selaku pimpinan tertinggi di masanya selau merujuk terhadap ajaran Rasulullah . hingga dia seorang pemimpin sukses di saat dia memegang tampuk ke khalifah (pemimpin).

Rujukan khalifah Umar in Abdul aziz ada diantaranya 4 ajaran Rasulullah SAW . hingga khalifah mencapai puncak ke suksesan :

  1. Mempedomani terhadap bermisikan Hidayah dari Allah SWT .
  2. Melindungi orang-orang lemah dan miskin .
  3. Berakhlak mulia .
  4. Melindungi hak dan kebebasan .

Mempedomani terhadap misi hidayah . Rasulullah SAW tidak akan berkata kecuali wahyu yg diwahyukan kepadanya  artinya Rasulullah SAW  hanya pelaksanaan dari wahyu di turunkan kpdnya . Allah mengutus Muhammad utk menyeru/ mengajak umat kpd hidayah, bukan menunjukan seorang pemimpin mementingkan diri sendiri, keluarga, dan khusus bangsa arab tetapi secara menyeluruh utk seluruh alam dan isinya

Khalifah Umar bin Abdul aziz tugas sentralnya adalah menyebarkan risalah islam keseluruh penjuru dunia hidayah turun dari Allah . di ajarkan Rasulullah SAW . ( Al-quran dan sunah ). Melindungi org lemah . khalifah melindungi mereka yg lemah dari kesewenangan org-org kuat , bukti ajaran islam sangat memperhatikan org lemah . AllahSWT  menegaskan :” Tahukah kamu org yg mendustakan agama? Itulah org yg menghardik anak yatim dan tidak menganjurkan memberi makan org miskin”. (QS .Al-Maa’un :1-3).

Berakhlak mulia. Saya diutus kata Rasulullah SAW utk menempurnakan akhlak . bila mau mempelajari ttg pentingnya akhlak ini sesungguhnya keseluruhan ibadah ditentukan nilai baiknya pada akhlak terhadap Allah SWT . Dan sesama manusia yg dijelaskan Allah Al qur-an surat Ali-Imran ayat 112 . (baikkan hubungan dengan allah dan sesama manusia ). Ajaran islam tentang akhlak berlaku untuk semua tanpa kecuali juga kesemua arkanul tersebut.

Zakat berakhlak terhadap orang miskin  Langkah awal Umar bin abdul Aziz membersihkan para pencabul yg zalim . memfungsikan Negara yg semapat di timbun sampah-sampah kejahilan dan kemusrikan harapan tempat mengadu rakyat meminta keadilan  Melindungi hak dan kebebasan islam melindungi hak dan kewajiban jadi pupuk iman agar dlm pertumbuhannya supaya subur dada setiap insan bukan slogan omong kosong belaka .

Khalifah Umar bin abdul Aziz membuka kesempatan utk rakyatnya yg berkeinginan mengadu terhadap nya bahkan diberi upah yg memberi kabar tentang situasi sebenarnya.

Sesungguhnya situasi keinginan di masa yg akan datang di tunggu pemimpin ke pemimpinan khalifah Umar bin Abdul Aziz seorang khalifah sukses di masa nya . ( Dari Berbagai Sumber )

Tidak ada komentar: